Selasa, 14 Oktober 2014

Review Jurnal Motivasi (Teori Organisasi Umum 1 #)



Oleh : Bpk Siswono Legowo (2012)

Abstract:
The objectives of this research are to find out: (1) the correlation between the achievement motivation and the work achievement of the UNS employees; (2) the autonomy of the UNS employees in their work; (3) the adaptation of UNS employees and their work achievement. The research used descriptive correlational method. The technique of collecting data was questionnaire. The data analysis was done by using descriptive statistics and correlational technique. The result of the research shows that there is no correlation between: (1) autonomy and working performance; (2) achievement motivation and working performance; (3) adaptation and working performance; (4) achievement motivation and autonomy; (5) achievement motivation and adaptation but there is correlation between adaptation and autonomy of theUNSemployees.


PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi dan pengembangan IPTEK yang makin pesat dewasa ini, memberikan dampak yang sangat besar terhadap perubahan pola hidup, kebutuhan dan tuntutan sesuai dengan kondisi yang diprediksikan pada era berikutnya menjadi jenuh dan menjadi tidak pasti. Perguruan tinggi pun mendapat dampak harus menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Salah satu upaya perguruan tinggi adalah berkompetisi dan mengadakan upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Oleh karena itu, perlu kiranya berbagai upaya dilakukan agar dapat memberikan hubungan terhadap dinamika kerja civitas akademika. dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan tinggi. Adapun yang termasuk dalam civitas akademika ini meliputi pimpinan, karyawan, dosen, mahasiswa dengan penunjangnya sarana dan prasarana serta sistem yang ada yang saling memberikan hubungan dalam menjalankan perannya masingmasing sehingga dapat menyelesaikan program kerja perguruan tinggi tersebut. Keberhasilan suatu program kerja adalah ditentukan oleh SDM yang berkualitas, yaitu memiliki keterampilan, kepribadian yang matang dan sehat. Untuk posisi/jabatan tertentu. selain persyaratan tersebut di atas, dituntut pula adanya individu yang profesional sesuai dengan jabatan yang diampunya. Hal ini akan mempengaruhi perilaku/aktivitas individu tersebut dalam menjalankan tugas-tugas yang harus dilakukannya. Kepribadian menurut Allport dalam Calvin & Gurner (1993) adalah sesuatu dan berbuat sesuatu artinya kepribadian dalam apa yang ada dibalik perbuatan-perbuatan khusus dan di dalam individu. Dalam hal ini perbuatan seseorangakan selalu mencerminkan kepribadian seseorang karena kepribadian adalah organisasidinamik dalam individu atas sistemsistem psikofisis yang menentukan penyesuaian dirinya yang khas terhadap lingkungan. Adapun beberapa ahli meninjau kepribadian itu self atau aku atau yang memberikan keunikan kepada perilaku seseorang sehingga dapat dinyatakan pula otonomi dari kepribadian seseorang. Adapun aspek-aspek kepribadian yang akan melatarbelakangi perilaku individu tersebut antara lain motivasi untuk berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri, serta kecerdasan emosinya. Kualitas organik tingkah laku manusia tidak dapat dilepaskan antara satu bagian tingkah laku dengan semua bagian dalam pribadi yang berfungsi. Untuk memahami tingkah laku, individu perlu memahami secara umum, faktor-faktor lingkungan dan secara khusus daya-daya lingkungan. Masa lampau individu sama pentingnya dengan keadaan individu beserta lingkungannya masa kini. Ciri khusus motivasi yang dibahas secara rinci ditekankan pada koeksistensi yang menjalin secara fungsional, yang mengiringi proses psikologis yang berorientasi pada otak sebagai locus atau pusat kepribadian manusia dan semua bagiannya. Kepribadian berfungsi mengarahkan dalam diri individu mengintegrasikan konflik-konflik dan rintangan-rintanganyang dihadapi individu, memuaskan kebutuhan individu dan menyusun rencana untuk masa depan. Atas dasar inilah dinyatakan bahwa hakikat kepribadian yang abstrak atau konseptual dan proses pikologis mendasari proses-proses psikologis. Dalam hal ini dikatakan bahwa proccesing yaitu interaksi antara, subjek dan objek atau antara, subjek dan subjek dalam waktu yang cukup lama sehingga mencakup unsur-unsur penting dalam sekuens tingkah laku tertentu. Hal tersebut dapat bersifat internal, seperti melamun, memecahkan masalah, dan menyusun rencana atau eksternal. Atau dapat bersifat eksternal, yaitu berinteraksi dengan orang-orang atau objek-objek dalam lingkungan. Pendapatnya yang lain bahwa abilitas dan prestasi serta memandang kualitas-kualitas ini sebagai bagianyang penting dari kepribadian. Hal ini terdapat pada individu termasuk karyawan dalam menghadapi lingkungan kerja/dunia kerjanya.
Pembentukan kepribadian yang positif lebih penting, di mana proses formatif dan konstruktif tidak hanya berguna bagi kelangsungan hidup atau sebagai pertahanan diri terhadap kecemasan, tetapi juga memiliki energi-energi, tujuan-tujuan, dan pemenuhan- pemenuhan kebutuhannya sendiri. Untuk itu, seseorang perlu kreatif dan imajinatif menyusun dan menciptakan agar dirinya tetap sehat secara psikologis.
Sesungguhnya imajinasi yang kreatif, merupakan aspek kepribadian paling kuat meskipun jarang diberi kesempatan untuk berkembang. Bagi karyawan yang memiliki imajinasi kreatif akan memudahkan dirinya berinteraksi, menyesuaikan diri terhadap objek maupun subjek dalam pelaksanaan tugasnya. Tingkah laku seseorangmemiliki unsur-unsur tingkah laku. Manusiadipandang dari segi faktor-faktor penentu atau yang melatarbelakanginya di mana motivasi merupakan faktor yang penting dalam upaya seseorang memenuhi kebutuhannya.

PENYESUAIAN DIRI KARYAWAN
Karyawan adalah organisme yang memiliki sejumlah kebutuhan yang mendorong individu melahirkan aktivitas/perilaku untuk berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam penelitian ini yang dibahas adalah kebutuhan/motivasi berprestasi, kemandirian dan penyesuaian diri. Bila kebutuhan tersebut terpenuhi, individu itu tenang karena merasa puas atau sebaliknya bila tak terpenuhi akan merasa kecewa.
Sumber daya manusia berkualitas dan memiliki motivasi berprestasi tinggi akan mampu menyambut dan melaksanakan tugas sebagai tantangan, bukan sebagai beban sehingga keberhasilan dalam bertugas akan memberikan kepuasan bagi individu yang bersangkutan. Hal ini disebabkan manusia itu selalu ingin berprestasi dan berusaha menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan lingkungan dan dengan pertimbangan yang tepat berani untuk mengambilkeputusan dalam memenuhi target/tujuan.Hal inilah yang membedakan paradigmalama individu dalam kinerja sebagai pelengkappetugas administrasi bukan sebagai subjek yang pada saatnya tepat sebagai konseptorsekaligus pengambil keputusan dalam menyelesaikan tugasnya. Tidak terdapatkemandegan kerja karena individu yang bersangkutan tergantung, tidak beranimengambil keputusan yang searah dengan kewenangannya, dalam menyikapi tugasmaupun dalam berinteraksi. Sesuai perkembangan ilmu pengetahuan khususnya dalampsikologi bahwa mereka yang hanya bekerja menggunakan nalar (logical thinking)saja akan menjadikan dirinya lebih sempit. Namun, bagi mereka yang memberikankesempatan dengan emosinya berkembang akan menjadikan lebih sempuma, karenakecerdasan emosi memberikan dampak yang lebih luas terhadap aktivitas seseorangdalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan emosi (EQ= emotional quotient) (Sawaf, 1999) adalah kemampuan merasakan, memahami dari secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi informasi koneksi dan pengaruh yang manusiawi. Jadi, manfaat yang dihasilkan energi oleh kecerdasan emosi merupakan faktor sukses, menentukan karier dan organisasi, termasuk pengambilan keputusan, kepemimpinan, terobosan teknik dan strategis, komunikasi yang terbuka dan jujur, teamwork dan hubungan saling mempercayai, kreativitas dan motivasi.
Dalam hal ini seorang karyawan tidak hanya bertumpu pada kecerdasan kognitifmutlak, akan tetapi lebih luas dan fleksibel.Atau dengan kata lain, kondisi tertentu dengankemandirian yang dimiliki akan mampu menyelesaikan, merespons tugas-tugas tertentu yang mungkin harus diputuskan sendiri dan dilakukan sendiri dengan tanggungjawabnya. Sumber daya manusia dan dinamika kerja yang diciptakan para pemimpinprogresif akan menumbuhkembangkan etos kerja sehingga menghasilkanprestasi kerja yang optimal. Etos kerja, semangat kerja akan terbentuk bila parapemimpin memiliki kemampuan managerial yang dapat menumbuhkembangkan,antara lain: motivasi berprestasi, dan kemandirian, penyesuaian diri serta kemampuan emosional para karyawan, sehingga dapat mendorong para karyawan dalam bekerja optimal.

BERPRESTASI DALAM BIDANG PEKERJAAN
Menurut Mulyani (1982), individu yang memiliki n=ach yang tinggi akan senantiasa berusaha mencapai sukses, yang bertujuan untuk berhasil berkompetisi dengan suatu ukuran keunggulan. Jadi, individu/ karyawan yang n=achnya tinggi akan melaksanakan tugas dengan target untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan dengan optimal, dan selalu mencari upaya yang terbaik untuk melaksanakan tugas yang diterimanya. Tentu saja hal ini akan tercapai bila para pemimpin mampu menciptakan iklim kerja yang kondusif dengan SDM yang terampil dan profesional sehingga dapat menghasilkan prestasi kerja yang optimal. Kepribadian karyawan sebagai person yang menyertai, memberikan warna dan juga ikut menentukan perilakunya sebagai seorang karyawan. Miftah Thoha (1983) mengatakan bahwa kemajuan organisasi atau perusahaan dapat ditentukan oleh beberapa faktor pendukung, dan faktor- faktor tersebut mempunyai peranan yang saling keterkaitan. Faktor-faktor tersebut, antara lain: (1) faktor sumber daya manusia; (2) teknologi pendukung; (3) lingkungan kerja dan lain-lain. Perguruan tinggi  merupakan suatu organisasi kelembagaan pendidikan tinggi yang memiliki SDM (karyawan) yang dapat diasumsikan karyawan merupakan aset dari perguruan tinggi yang ikut serta menentukan keberhasilan suatu perguruan tinggi. Oleh karena itu, karyawan/SDM yang berkualitas adalah mereka yang berprestasi, artinya memiliki prestasi kerja yang optimal. Menurut Bailey (1982), prestasi kerja berbeda dengan perbuatan atau perilaku, Prestasi kerja berkaitan dengan tujuan dalam arti sebagai suatu hal dari perilaku kerja seseorang. Menurut Kustartini (1971), prestasi kerja adalah kesanggupan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, bermutu dan tepat mengenai sasarannya. Untuk menilai mutu tidaknya suatu hasilpekerjaan, dapat dilihat dari jumlah kekurangankesalahan dari hasil kerja. Prestasikerja menurut Baskorowati Indah (1987)adalah hasil atau taraf kesuksesan yang dapatdicapai seseorang dalam melaksanakanpekerjaannya menurut kriteria yang berlakuuntuk pekerjaan tersebut. Selanjutnya, Sudita(1989) mengatakan bahwa prestasi kerjaerat kaitannya dengan sumber daya manusia,yaitu mengembangkan potensi yangada pada manusia menjadi usaha yangefektif untuk mencapai suatu tujuan.Pengembangan manusia lebih produktif, kreatif, dan profesional. Prestasi diberikanbatasan sebagai hasil dari pola-polatindakan yang dilakukan untuk mencapaitujuan sesuai dengan standar yang telahditetapkan, baik kualitas maupun kuantitas.Konsep kerja menurut MunawirYusuf(1999), pada konsep konvensional kerjaadalah sebagian besar dalam benak karyawanswasta maupun pemerintah adalahmencari nafkah, meningkatkan kesejahteraanhidup, melaksanakan tugas yang diberikan di tempat kerja secara rutin.
Di lain pihak,konsep kerja di negara maju adalah: (1)melakukan sesuatu yang dikaitkan denganprestasi kerja (performance) dan produktivitas; (2) harus ada peningkatan kualitasdan efisiensi pada tiap bidang kerja, serta ada tingkat tanggung jawab. Oleh karenaitu, prestasi kerja yang diharapkan oleh perguruan tinggi masa kini hendaknya mengarahkepada konsep kerja negara maju agarperguruan tinggi dapat menampilkan peringkat/kualitas yang lebih maju.Berdasarkan pendapat di atas, perlukiranya diubah konsep yang konvensionaldengan konsep baru agar tujuan dapat tercapai. Prestasi kerja para karyawan sebenarnyadipengaruhi atau ditentukan oleh beberapa aspek kepribadian antara lain: kemampuanumum, kemampuan penalaran, kreativitas, motivasi berprestasi, kemandirian,penyesuaian diri dan kecerdasan emosi (Calvin & Gurner, 1998) berpendapatbahwa kebiasaan bukanlah hal yang penting dalam perkembangan kepribadian manusia, sebab manusia bukan makhluk-makhlukkebiasaan, melainkan secara terus menerusmencari cara-cara yang baru untuk mengungkapkandirinya, mendambakan bentukbentukstimulasi baru dan petualangan-petualangan baru, dan prestasi-prestasi baru,serta mampu mengalami transformasi lewat wawasan ruhani. Hal ini menunjukkan pulaadanya dorongan untuk menunjukkan kemampuan aktualisasi diri, yang berarti memilikikemandiriannya dalam menjawab permasalahan, konflik atau stimulan yangditerimanya dengan aktualisasi diri. Kemandirian atau dengan istilah lain autonomyadalah salah satu aspek kepribadian yang melahirkan perilaku mandiri seseorang.


BERPERILAKU KEMANDIRIAN
Perilaku mandiri merupakan aspek kepribadian yang amat penting dan sangatdiperlukan individu dalam berprestasi dan menghadapi tugas-tugas dalam kehidupansehari-hari. Bagaimana individu dalam menghadapi masalah, berhubungan denganlingkungan yang berubah-ubah serta bagaimana mengembangkan dirinya. Pengertianperilaku mandiri sebagai perilaku yang terdapat pada individu yang timbulnya karena dorongan atau kekuatan dari dalam dan tidak karena pengaruh individu lain. Lebih lanjut dijelaskan bahwa individu yang berperilaku mandiri mampu menunjukkan adanyakontrol dari dalam terhadap perilakunya, terutama unsur kognitifdan afektif ikut memegang peranan. Tentu saja mereka yang berprestasi akan senantiasa menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawabnyadan disertai kontrol diri secara kognitif (nalar) dan afektif (rasa) yang menghasilkan perilaku adaptif yang interaktif di antarakaryawan maupun pemimpin. Karena itu, dapat dikatakan bahwa karyawan yang mandiri mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan penyesuaian diri yang baik, pendekatan yang baik.
Dimensi dalam psikologis penyesuaian diri dapat berarti banyak hal, di antaranya mereduksi ketegangan atau tekanan dari kebutuhankebutuhan, mengembangkan mekanisme psikologis untuk dapat mengatasi kesulitan kesulitan dari belajar bagaimana bergaul dengan orang lain. Penyesuaian diri merupakan suatu stres menuju perjuangan, yang melibatkan adanya tujuan yang realistis tersebut. Dalam hal ini, ekspresi, representasi kognitif serta afektif dalam individu sangat berguna sebagai produksi penyesuaian psikologis individu (Calvin & Gurner, 1998).
Menurut Coleman (1995), kecerdasan emosional pada seseorang adalah kemampuan yang mencakup pengendalian diri sendiri, semangat, ketekunan, serta kemampuan untuk memotivasi diri sendiri. Salovey & Mayor (1990) memperluas definisi dasar tentang kecerdasan emosional menjadi lima wilayah, yaitu: (1) mengenali emosi diri; (2) mengelola emosi; (3) memotivasi diri sendiri; (4) mengenali emosi orang lain; dan (5) membina hubungan. Keterampilan emotional adalah metaabiliti, menentukan seberapa baik kita mampu menggunakan keterampilan-keterampilan lain yang kita miliki, termasuk intelektual yang belum terasah. Individu yang digambarkan di atas bila sebagai pimpinan, menurut Sawaf (1999), memiliki kecerdasan emosi (emotional quotient) yang tinggi. Oleh karena itu, perlu kiranya adanya pengkajian tentang kepribadian SDM dalam kaitannya dengan prestasi kerja.
Dalam kajian ini peneliti ingin membatasi permasalahan yaitu ingin melihat hubungan motivasi berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri, kecerdasan emosi terhadap prestasi kerja, serta bagaimana profil karyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Hubungan antarvariabel motivasi berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri, kecerdasan emosional terhadap prestasi kerja karyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan profil kepribadian karyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

PENELITIAN MOTIVASI
Penelitian ini diadakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif korelasional dan terdapat tiga variabel bebas, yaitu motivasi berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri, dan data tersebut diperoleh melalui angket, sedangkan variabel terikat, yaitu prestasi kerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) ingin megetahui gambaran profil beberapa aspek kepribadian (motivasi berprestasi, kemandirian dan penyesuaian diri serta prestasi kerja) Karyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta; (2) ingin mengetahui hubungan masing-masing variabel berbas meliputi motivasi berprestasi, kemandirian dan penyesuaian diri dengan variabel terikat, yaitu prestasi kerja. Populasi penelitian ini adalah karyawan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berpendidikan sarjana dan termasuk eselon III dan eselon IV yang bekerja sebagai administrasi pada tahun akademik 1999-2000, yang berjumlah 43 orang. Dua orang tidak mengikuti karena mengundurkan diri serta 2 orang tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan subjek penelitian, sehingga populasi berjumlah 39 karyawan dijadikan/diambil sebagai subjek penelitian. Oleh karena itu, penelitian ini adalah studi populasi.
Sumber data dalam penelitian iniadalah karyawan esolon III dan IV Universitas
Sebelas Maret Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: untuk variabel bebas meliputi motivasi berprestasi, kemandirian dan penyesuaian diri, dengan menggunakan angket skala kecenderungan kepribadian diri. Untuk variabel terikat, yaitu prestasi kerja digunakan data diskriptif dari skor prestasi kerja masing-masing karyawan dengan menggunakan Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) Pegawai Negeri Sipil Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1998-1999. Analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik statistik diskriptif korelasional. Untuk memberikan gambaran tentang kondisi kepribadian karyawan digunakan teknik statistik diskriptif, sedang untuk mengetahui apakah ada hubungan masingmasing variabel bebas terhadap variabel terikat dan seberapa besar hubungannya masing-masing variabel digunakan teknik statistik korelasi Pearson, dengan menggunakan komputer SPSSRelease 6.
Berdasarkan hasil analisis data-data diperoleh kondisi riil karyawan baik kelemahan maupun kekurangannya baik yang berkaitan dengan motif berprestasi, kemandirian dan penyesuaian diri serta prestasi kerja karyawan. Dengan demikian dapat dilakukan tindak lanjut sehingga berdampak pula pada meningkatnya kinerja serta prestasi kerja para karyawan sesuai dengan tujuan universitas. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan melalui pendidikan formal kejenjang yang lebih tinggi atau sesuai dengan tuntutan bidang pekerjaan di mana karyawan tersebut ditugaskan dan atau mengikuti pendidikan nonformal, yaitu short program, pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan karyawan yang ditugaskan.

ANALISIS DESKRIPTIF
Seperti telah dikemukakan dalam bab sebelumnya, dalam penelitian ini ditemukan dua bagian pokok, yaitu: (1) diskripsi data; dan (2) hasil analisis data. Diskripsi data meliputi hasil pengukuran terhadap variabel-variabel berikut: autonomy (kemandirian) (A), motivasi berprestasi (B), penyesuaian diri (PD), dan prestasi kerja (PK) yang dimiliki staf administrasi UNS tahun akademik 1999/2000. Hasil analisis data meliputi: analisis korelasi antarvariabel tersebut. Hasil analisis diskriptif terhadap variabel motivasi berprestasi para staf administrasi UNS periode 1999/ 2000 dapat dilihat pada Tabel 1 berikut ini.
Berdasarkan data Tabel 1 tersebut diperoleh ukuran tendensi sentral ( mean , median , maupun trimmed mean ) antara 17 sampai dengan 17,846. Atau dapat dikatakan bahwa 50% subjek yang dikaji memiliki skor motivasi berprestasi berada pada kisaran 16 hingga 20, dengan standar penyimpangan (deviasi) skor dari tendensi sentral adalah 2,987.
Jika rerata skor motivasi berprestasi mereka tersebut dikonsultasikan pada skor standar SPPS, maka skornya 14,96-18,30. Ini berarti bahwa motivasi berprestasi mereka termasuk pada klasifikasi cukup.
Hasil analisis diskriptif terhadap variabel autonomy/kemandirian para staf administrasi UNS periode 1999/2000 dapat dilihat pada Tabel 2 berikut ini.
Berdasarkan data tersebut diperoleh ukuran tendensi sentral ( mean, median, maupun trimed mean ) adalah 9. Atau dapat dikatakan bahwa subyek yang dikaji memiliki skor autonomy/kemandirian berentang antara 2 - 17, dan 50% di antara mereka memiliki skor autonomy/kemandirian pada kisaran antara skor 6 hingga 11, dan dengan standar penyimpangan (deviasi) skor dari tendensi sentral adalah 3,317.
Bila rerata skor autonomy/kemandirian para staf administrasi UNS tersebut dikonsultasikan pada skor standar EPPS, maka berada pada rentang skor 6,634-9,79. Ini berarti bahwa autonomy/kemandirian mereka rata-rata termasuk kategori cukup.
Hasil analisis diskriptif terhadap variabel penyesuaian diri para staf administrasi UNS periode 1999/2000 dapat dilihat pada Tabel 3 berikut ini.
Berdasarkan data Tabel 3 tersebut diperoleh ukuran tendensi sentral ( mean, median, maupun trimed mean) antara 12,69 sampai dengan 13. Atau dapat dikatakan bahwa subyek yang dikaji tersebut memiliki skor penyesuaian diri berentang antara 6 - 18; dan 50% di antara mereka memiliki skor yang berkisar antara skor 10 hingga 18 dengan standar penyimpangan (deviasi) skor dari tendensi sentral adalah 2,637.
Jika rerata skor penyesuaian diri parastat administrasiUNStersebut dikonsultasikan
pada skor standar SPPS maka berada pada rentang skor 10,54-14,17. Ini berarti bahwa penyesuaian diri mereka rata-rata termasuk pada tingkatan kurang. Hasil analisis diskriptif terhadap variabel motivasi berprestasi para staf administrasi UNS periodde 1999/ 2000 dapat dilihat pada Tabel 4 berikut ini.
Berdasarkan data Tabel 4 tersebut diperolehskor tendensi sentral prestasi kerja ( mean, median, maupun trimed mean ) adalah antara 87,231 sampaidengan 88 - 93. Atau dapat berprestasi dan prestasi kerja yang dikatakan bahwa skor prestasi kerja dimiliki para staf administrasi UNS yang berentang mulai 82 - 50% subjek dengan koefisien korelasi r =0,215 atau memiliki skor prestasi kerja antara 84-90, dan dengan standar penyimpangan (deviasi) dari tendensi sentral adalah 3,207.
Jika rerata skor prestasi kerja para staf administrasi UNS tersebut dikonsultasikan pada klarifikasi yang ditetapkan, maka berada pada rentang skor 82 - 88. ini berarti bahwa prestasi kerja mereka rata-rata termasuk kategori cukup.
Memperhatikan hasil analisis deskriptif terhadap empat variabel yang dikaji dapat dibuat kesimpulan umum bahwa karakteristik kepribadian mereka (motivasi berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri, dan prestasi kerja) termasuk pada kategori umum. Kesimpulan ini dapat dikatakan dipercaya karena alasan bahwa skor mereka terhadap empat variabel tersebut tidak ekstrem (outlers). Data ini ditunjukkan oleh tidakadanya perbedaan antara besarnya skorsetiap mean variabel dan trimed mean (mean yang telah dihaluskan) dengan meniadakan55 data ekstrem terbesar dan 5% data ekstrim terkecil.
Motivasi berprestasi merupakan karakteristik kepribadian yang cukup penting bagi semua staf. Karena motivasi berprestasi yang tinggi akan teraktualisasi dalam unjuk kerja yang optimal, demikian pula sebaliknya. Hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukkan adanya hubungan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar ataupun prestasi bekerja.Demikian halnya autonomy adalah salah satu karakteristik kepribadian yang diperlukan bagi seorang staf khususnya pada level pimpinan. Jika diperhatikanautonomy/kemandirian yang dimiliki oleh para staf UNS ada pada kategori cukup. Ini berarti umumnya para staf UNS memiliki tingkat kemandirian yang cukup.
Variabel ketiga dari karateristik kepribadian dalam penelitian ini adalah penyesuaian diri. Penyesuaian diri sangat dipentingkan bagi setiap individu yang dalam kehidupan kerjanya banyak berhubungan dengan orang lain. Untuk itu faktor ini sangat penting bagi seorang staf UNS, karena mereka dalam bekerja hampir selalu berhubungan dengan yang lain apakah itu hubungan struktural (dengan atasan maupun bawahan) atau horisontal dan konsultatif (hubungan antarlevel struktur yang sederajat atau dengan pihak lain). Jika diperhatikan kemampuan rata-rata penyesuaian diri para staf UNS menunjukkan pada kategori kurang. Ini berarti bahwa penyesuaian diri para karyawan UNS kurang. Hal ini dimungkinkan karena iklim kerja yang dipengaruhi oleh pola kepemimpinan serta budaya sehingga kurang kondisi yang menunjang hubungan timbal balik antara sesama dan antara pimpinan dan bawahan yang akibatnya memberikan penyesuaian diri yang kurang lentur dan kurang terbuka, objektif.
Terakhir, variabel prestasi kerja. Prestasi kerja staf UNS merupakan aktualisasi potensi kepribadian yang mereka miliki dalam merespon setiap tugas atau proses berinterakasi mereka dengan lingkungan dimana mereka bekerja. Kemampuan atau prestasi kerja dipengaruhi oleh banyak variabel. Variabel karakteristik pribadi sebagaimana dikaji dalam penelitian ini hanyalah sebagian dari totalitas karakteristik pribadi individu yang menentukan atau memberikan sumbangan terhadap prestasi kerja. Variabel atau faktor-faktor lingkungan kerja baik itu person maupun nonperson, manajemen dan sebagainya dapat pula sebagai fasilitas bagi individu untuk prestasi kerja secara optimal atau sebaliknya. Semakin kondusif/lingkungan kerja akan memacu individu untuk bekerja optimal, sehingga menghasilkan prestasi kerja yang optimal. Ini dapat pula berarti sebaliknya.
Faktor atau variabel kepribadian yang dikaji temyata menunjukkan hubungan korelasional yang tidak signifikan terhadap prestasi kerja. Secara konseptual atau teoritik hasil ini tidaklah harus demikian. Jika hasilnya ternyata berbeda dengan teori atau konseptualnya, maka diduga sementara ada sesuatu yang salah. Dugaan kesalahan dapat terjadi diberbagai aspek. Pertama, adalah aspek metode penelitiannya. Pada aspek metode kesalahan bisa terjadi karena kesalahan pengambilan sampel, yaitu terlalu kecil jumlah sampel sehingga data yang diukur tidak menunjukkan gejala kurva normal. Kesalahan kedua diduga terdapat pada instrumen dan pengambilan data. Kesalahan instrumen pengungkap data bias jadi kurang atau tidak valid dan tidak reliabel untuk sampel yang diukur. Ketidakvalidan bukan pada konstruk atau isi instrumen melainkan pada kevalidan empiris. Artinya, meskipun instrumen secara konstruk valid dan secara empiris telah divalidasi, namun sasaran populasi validasi empiris berbeda dengan sasaran atau subjek penelitian ini. Kesalahan ketiga diduga bersumber pada proses pengambilan pengukuran atau pengambilan data. Misalnya, ketidakjelasan instrumen bagi subjek tidak dapat diatasi ketika ia sedang mengerjakannya, karena instrumen hanya dikirim ke alamat atau melalui orang lain yang tidak mengerti atau tidak memahami instrumen. Atau kriteria ganda dalam evaluasi prestasi kerja yang digunakan oleh para pemberi nilai. Akibatnya jika ini benar, maka hasil evaluasi prestasi kerja staf UNS
antarunit satu dan unit lain berbeda.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menarik ditindaklanjuti. Tindak lanjut penelitian dapat bersifat verifikasi atau replikasi dengan penyempurnaan pada aspek metode penelitiannya atau pada kajian pustaka mutakhir dan relevan. Disisi lain dapat digunakan untuk menentukan pengembangan diri para karyawan dan menemukan hambatan bagi yang bermasalah. Di samping itu berdasarkan hasil analisis data pula diperoleh kondisi riel karyawan, sehingga dapat dilakukan tindak lanjut untuk meningkatkan kepribadian agar dapat optimal yang berdampak pula pada meningkatnya kinerja serta prestasi kerja para karyawan sesuai dengan tujuan universitas. Peningkatan tersebut dapat dilakukan melalui pendidikan formal ke jenjang lebih tinggi atau sesuai dengan tuntutan bidang pekerjaan di mana karyawan tersebut ditugaskan. Dan, atau mengikuti pendidikan nonformal, yaitu melalui kegiatan short program, pelatihan sesuai dengan tuntutan bidang pekerjaan di mana karyawan ditugaskan/dipekerjakan.

PENUTUP
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat dibuat beberapa kesimpulan
sebagai berikut: (1) hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kondisi atau aspek piribadi motivasi berprestasi dan otonomi atau kemandirian para staf administrasi UNS menunjukkan pada kategori cukup atau sedang. Namun, untuk aspek kepribadian penyesuaian diri mereka rata-rata pada klasifikasi kurang; (2) hasil analisis korelasional terhadap enam hipotesis ternyata ditemukan bahwa empat hipotesis ditolak dan hanya dua hipotesis yang diterima. Empat hipotesis yang ditolak adalah: (1) hubungan antara otonomi/kemandirian dan prestasi kerja; (2) hubungan antara motivasi berprestasi dan prestasi kerja; (3) hubungan antara penyesuaian diri dan prestasi; (4) hubungan antara kemandirian dan penyesuaian diri. Tiga hipotesis yang diterima adalah: (1) hubungan antara motivasi berprestasi dan kemandirian; dan (2) hubungan antara motivasi berprestasi dan penyesuaian diri; (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara variabel bebas (motivasi berprestasi, kemandirian, penyesuaian diri) terhadap variabel terikat (prestasi kerja); baik secara bersama-sama maupun masing-masing.

DAFTAR PUSTAKA
-          Bailey, R.W. (1982). Human performance engineering: A guide system designers. Englewood: Hall Inc
-          Baskorowati Indah. (1987). “Studi perbedaan tingkat stres kerja, prestasi kerja dan kepuasan kerja pada kepribadian tipe A dan tipe B karyawan menengah PT. Perkebunan XXI – XXV (persero) di surabaya” dalam jurnal psikologi. No. 1 Th. XV. Yogyakarta: Fakultas psikologi UGM
-          Calvin, S. Hall & Gurner, Linzey. (1993). Psikologi Kepribadian 2. (Terjemahan A. Supraktino. S) Yogyakarta: PT. Kanisius
-          Coleman. (1995). Emation Intelligence. (Terjemahan T. Hermaya). Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
-          Kustartini. (1971). “Pokok-pokok tentang Penilaian dan Pembakuan Hasil Kerja” dalamBuletin No. 7 BPA. Yogyakarta :UGM
-          Miftah Thoha. (1983). Perilaku Organisasi Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
-          Mulyani, M. (1982). Motif sosial Remaja Jawa dan Keturunan Cina, Suatu Candi Perbandingan. Yogyakarta : Universitas Gajah Mada.
-          Munawir Yusuf. (1999). “Manajemen Sumber Daya Manusia”, Makalah disampaikan dalam Pelatihan In Class I TKPMP-PT di UNS. Surakarta.
-          Salovey & Mayor. (1990). Emotional lnteligence, Imagination, Cognition and Personality.NewYork: Mc. Millan, Co.
-          Sawaf, Ayman. (1999).Kecerdasan Emotional dalam Kepemimpiman dan Organisasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
-          Sudita. (1989).Menciptakan Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Masa Kini. Yogyakarta:Yayasan Masa Kini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar